Masjid Nabawi

Kastara.ID, Jakarta – Jemaah haji dan umrah tampaknya harus lebih berhati-hati. Pasalnya Pemerintah Arab Saudi membuat aturan baru yang melarang jemaah melakukan selfie atau swafoto di dua masjid paling suci bagi umat Islam, Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Dikutip dariĀ Thesaudiexpat.com, Kamis (25/11), Pemerintah Arab Saudi tengah mempertimbangkan bakal menerapkan denda ketat bagi siapa saja yang melanggar aturan tersebut. Pemerintah Arab Saudi menilai tidak selayaknya jemaah melakukan selfie di tempat-tempat suci, terutama Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Tindakan swafoto di dua masjid tersebut dianggap sebagai pelanggaran. Tidak seorang pun akan diizinkan mengambil foto atau video di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Aparat keamanan akan memastikan tidak ada jemaah yang melanggar hukum selama berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pejabat Arab Saudi menjelaskan, tindakan swafoto dan video dikhawatirkan bisa menodai martabat dan kehormatan dua masjid suci tersebut. Itulah sebabnya pemerintah ingin memastikan hal tersebut tidak terjadi.

Tindakan swafoto membuat jemaah kehilangan esensi beribadah di tempat suci. Pasalnya jemaah akan lebih asyik selfie dan video ketimbang melakukan ibadah. Terlebih selanjutnya hasil selfie dan video diunggah di media sosial (medsos). Jemaah akan kehilangan waktu yang seharusnya digunakan untuk beribadah.

Selain itu kebiasaan swafoto juga bisa menganggu jemaah lain yang sedang khusuk beribadah. Pasalnya seringkali saat berswafoto, para jemaah tidak mengindahkan adab dan kesopanan saat berada di tempat suci. (ant)