Hari Guru

Kastara.ID, Depok – Terkait Hari Guru Nasional, Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi jasa para guru dalam mendidik bangsa.

Puan mengingatkan masih banyak guru yang belum mendapatkan kesejahteraan yang layak, khususnya guru-guru honorer.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Dedikasi mereka adalah perjuangan tanpa batas yang tak kenal kata menyerah,” terang Puan, di Jakarta, Kamis (25/11).

“Maka sudah menjadi kewajiban negara untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para guru,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Puan meminta agar nasib guru honorer lebih diperhatikan lagi. Khususnya bagi para guru yang telah lama mengabdi.

Ia mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan afirmasi terhadap guru honoror yang mengikuti seleksi aparatur sipil negara (ASN) dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kami mendorong agar pemerintah semakin mempermudah seleksi untuk guru honorer yang telah lama mendedikasian dirinya untuk mendidik anak-anak kita,” ungkap Puan.

Masih dari keterangan Puan, tambahan afirmasi dalam seleksi PPPK akan menjadi bentuk penghargaan negara terhadap dedikasi guru honorer. Alasannya, kesejahteraan guru-guru honorer terbilang masih sangat kecil.

“Banyak sekali kita dengar bagaimana perjuangan guru-guru honorer, khususnya di daerah pelosok negeri. Yang gajinya bahkan tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya,” tandasnya. (rso)