OPTIREG™ TLS715B0NAV50

Kastara.ID, Munich – Infineon Technologies AG (FSE: IFX / OTCQX: IFNNY) menempuh langkah berikutnya untuk membuat alat catu daya (power supply) terkecil bagi perangkat elektronik di sektor otomotif. Untuk itu, Infineon menjadi pembuat cip pertama yang secara khusus merancang produksi kemasan flip-chip. Produk tersebut akan sepenuhnya memenuhi kebutuhan segmen pasar otomotif untuk perangkat bermutu tinggi. Infineon kini meluncurkan produk ini: regulator tegangan listrik linear OPTIREG™ TLS715B0NAV50.

Dengan teknologi flip-chip, komponen IC terpasang menghadap ke bawah di dalam kemasan. Bagian IC yang menyerap panas terletak lebih dekat dengan kemasan bawah PCB. Hasilnya, induktansi termal tampil lebih baik dengan faktor berkisar 2 dan 3. Densitas daya yang lebih tinggi membuat dimensi kemasan jauh lebih kecil ketimbang teknologi kemasan biasa.

Dimensi dari regulator tegangan listrik linear yang terbaru dari Infineon (kemasan TSNP-7-8, 2,0 mm x 2,0 mm) tercatat 60% lebih kecil dari produk rujukan yang telah lama berada dipasarkan (kemasan TSON-10, 3,3 mm x 3,3 mm), sementara, daya tahan termal tetap sama. Fitur tersebut membuat perangkat ini cocok digunakan pada panel dengan ukuran yang sangat terbatas, seperti radar dan kamera. OPTIREG TLS715B0NAV50 menyediakan tegangan 5 V, dengan arus keluaran maksimum sebesar 150 mA.

Teknologi flip-chip telah dipakai di pasar konsumer dan industri selama beberapa tahun. Kian ketatnya kebutuhan akan dimensi produk, khususnya ketika sistem radar dan kamera terus bertambah banyak, menuntut solusi catu daya yang berukuran lebih kecil pula—meski mutu yang jauh lebih tinggi dibutuhkan untuk perangkat elektronik di sektor otomotif. Infineon tak hanya mengandalkan kualifikasi lebih lanjut dari konsumen yang ada dan produk-produk industri, namun juga proses produksi untuk perangkat otomotif supaya dapat menawarkan mutu flip-chip terbaik.

Ke depan, teknologi flip-chip akan memperkuat portofolio produk catu daya buatan Infineon untuk sektor otomotif, khususnya seri OPTIREG. Produsen cip tersebut juga ingin menerapkan teknologi ini pada regulator tegangan listrik yang didukung sakelar serta IC untuk pengelolaan daya. (rfr/sla)