persekusi

Kastara.id, Jakarta – Walau sudah bisa diakses kembali, kebijakan instagram yang sempat memblokir akun Ustadz Abdul Somad (UAS) yang saat ini mempunyai pengikut 1,7 juta, memancing protes luas publik. Pemblokiran tanpa alasan dan penjelasan ini justru menjadi preseden yang tidak baik bagi instagram karena begitu mudahnya memblokir akun yang dimiliki tokoh publik yang teruji punya integritas dan diikuti oleh jutaan orang.

Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris memberikan dukungan penuh kepada Ustadz Abdul Somad agar terus berdakwah menebarkan ilmu dan kebaikan walau berbagai tantangan silih berganti datang. Fahira menduga, seruan persatuan umat yang selalu disampaikan Ustadz Abdul Somad membuat oknum tertentu gerah dan terganggu kepentingannya.

“Kesalahan Ustadz Abdul Somad cuma satu, terus serukan pentingnya persatuan umat dalam setiap ceramahnya. Sepertinya seruan persatuan umat ini sudah mulai kelihatan hasilnya dan itu membuat ada oknum tertentu tidak senang. Makanya ada saja rintangan yang bakal dihadapi beliau,” ujar Fahira di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (26/2).

Fahira yang juga pendengar setia ceramah-ceramah Ustadz Abdul Somad mengatakan, materi-materi yang disampaikan penceramah yang dijuluki ustadz sejuta viewer itu begitu mengena dengan persoalan dan tantangan yang dihadapi umat Islam di Indonesia saat ini. Ustadz Abdul Somad juga mampu memotret suasana batin mayoritas rakyat Indonesia lewat ceramah-ceramahnya yang berisi banyak ilmu, tegas, dan bernas.

Menurut Fahira, pendengar ceramah Ustadz Abdul Somad dari berbagai kalangan mulai dari Wakil Presiden sampai Ketua MPR, hingga masyarakat umum. Ustadz Abdul Somad juga kerap diundang banyak kepala daerah untuk memberi ceramah kepada warga di daerahnya masing-masing. Sehingga tidak mungkin isi ceramahnya membahayakan NKRI apalagi dituduh radikal dan provokatif.

“Saya berharap kejadian-kejadian seperti ini baik itu penghadangan, pengusiran, ataupun upaya mempersempit ruang dakwah Ustadz Abdul Somad dengan pemblokiran akun media sosial, jadi yang terakhir. Kami umat Islam membutuhkan siraman ilmu dan semangat dari Ustadz Abdul Somad,” pungkas Senator Jakarta yang juga Ketua Umum Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) ini. (dwi)