SDM ASN

Kastara.id, Depok – Keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam suatu organisasi ataupun program ibarat “the man behind the gun. Artinya, keberadaan SDM sangat penting untuk menjadi tolak ukur terealisasinya visi misi Kota Depok sebagai kota yang unggul, nyaman, dan religius. Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad yang didampingi Kepala BKPSDM Kota Depok Supian Suri saat membuka Forum Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok di ruang  Roedjito Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Senin (26/2).

Menurut Wali Kota, dalam proses pengadaan SDM sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat perlu diperhatikan agar sesuai dengan bidang kompetensinya. Sehingga setiap ASN dapat lebih maksimal dalam mengerjakan tugasnya. Hal ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam memperbaiki kualitas ASN di Kota Depok sekaligus sedang dicoba untuk diterapkan dan direalisasikan di Kota Depok.

Dijelaskan lebih lanjut, sekarang pemerintah sudah mengundangkan bahwa kelulusan tes CPNS tidak hanya lulus pada tes kompetensi dasar. Tapi juga harus lulus pada tes kompetensi bidang-bidang yang dilamarnya. “Kalau guru ya bidangnya guru, kalau teknisi ya bidangnya teknisi, kalau komputer ya komputer, seperti itu. Ini yang sedang diperbaiki untuk kualitas ASN. Sehingga dalam penataan kota yang ramah dan nyaman pun ini SDM-SDM-nya harus disiapkan dan menjadi program BKPSDM, atau yang sudah ada harus dilatih dikasih diklat dan sebagainya terkait dengan bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Dengan adanya pembaharuan dalam tes CPNS tersebut, Idris berharap ke depannya dapat menciptakan SDM ASN yang lebih baik dan berkualitas. Dengan begitu, nantinya dapat lebih baik lagi dalam melayani masyarakat Kota Depok.

Ditambahkannya, salah satu hal terpenting diperhatikan adalah bagaimana menyukseskan pembangunan dengan kerja keras dan kesungguhan seluruh pemangku kepentingan. “Acuannya adalah ‘the man behind the gun’. Jadi mari kita kembalikan kembali martabat ASN sebagai pelayan keluarga dan masyarakat sehingga benar-benar bisa melayani dengan benar dan baik,” pungkasnya. (rud)

Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID