Beranda Headline Berita Keunikan Teh Organik Indonesia Dipromosikan di Belanda

Keunikan Teh Organik Indonesia Dipromosikan di Belanda

Kastara.ID, Amsterdam, – ​​​Dalam rangka terus mendorong peningkatan nilai ekspor produk minuman Indonesia ke Belanda utamanya produk teh organik, KBRI Den Haag melakukan kegiatan promosi melalui program Tea Tasting di dua restoran ternama Belanda yakni ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’ Amsterdam dan ‘Ron Gastro Bar Indonesia’ OudeKerk Amstelveen, 17-18 Februari 2019. Pada kegiatan promosi ini, KBRI Den Haag menggandeng distributor makanan dan minuman Indonesia di Belanda serta perusahaan eksportir teh organik Indonesia PT Bukit Sari.

Kegiatan promosi ini bertujuan untuk mendorong restoran-restoran ternama Indonesia di Belanda menyajikan teh organik Indonesia dalam salah satu menunya dengan rata-rata pengunjung restoran tersebut adalah masyarakat Belanda kalangan menengah ke atas dan para expat yang bekerja di Belanda. Promosi teh organik Indonesia di Belanda ini juga merupakan salah satu upaya KBRI Den Haag untuk melakukan country-branding.

Promosi teh organik kali ini dilakukan dengan konsep Tea Tasting dengan membagi-bagikan minuman teh hangat bagi para pengunjung restoran pada saat lunch. Melihat animo yang positif dari para pengunjung restoran, pihak manajemen restoran ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’, Amsterdam, secara positif telah menyampaikan kepada pihak perusahaan Indonesia untuk dapat mensupplynya tidak hanya terbatas pada tehnya saja namun sekaligus Tea Set nya. Sementara itu, pihak manajemen restoran ‘BistroBar Indonesia’, Haarlem meminta perusahaan eksportir Indonesia untuk mensupply tehnya saja tanpa Tea Set.​

Health trend yang berkembang di Belanda saat ini telah menyebabkan meningkatnya konsumsi akan organicsustainable dan high quality tea. Selain itu, tren yang juga berkembang di Belanda adalah Tea Pairing yakni memadukan makanan jenis tertentu  dengan jenis teh yang disajikan. Tren Tea Pairing ini menambah dimensi baru dalam pengalaman bersantap makan. Tren inilah yang mendorong meningkatnya penjualan teh yang berkualitas tinggi. Oleh karenanya, promosi teh organik Indonesia di Belanda kali ini dirasa sangat tepat dalam rangka mengikuti tren permintaan pasar yang berkembang di Belanda serta memanfaatkan momentum pertumbuhan impor teh Belanda dari dunia yang terus mengalami peningkatan sebesar 11,50 % dengan nilai sebesar USD 115, 81 juta.

Saat ini, pihak manajemen restoran Indonesia ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’ yang berlokasi di Amsterdam telah mengkonfirmasi untuk menggunakan teh organik Indonesia milik PT Bukit Sari dengan pilihan rasa pandanus tea, java evening tea dan downtown tea untuk menjadi salah satu sajian menunya dengan catatan perusahaan Indonesia tidak hanya mensupply tehnya saja namun sekaligus menyediakan Tea Set-nya. Sementara itu, restoran BistroBar Indonesia yang berlokasi di Haarlem, Belanda, lebih memilih menggunakan rasa pandanus tea dan meminta perusahaan Indonesia untuk dapat mensupply teh dalam bentuk bulk tanpa Tea Set.

Melihat respons yang positif dari dua restoran ternama Indonesia di Belanda yakni ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’ Amsterdam dan ‘Bistro Bar Indonesia’ Haarlem, dalam waktu dekat KBRI Den Haag akan mengagendakan kerja sama promosi teh Indonesia dengan beberapa hotel besar di Belanda. Salah satunya Hotel Jakarta yang belum lama berdiri di Amsterdam serta hotel-hotel lain yang berada di bawah satu manajemen.

Melalui upaya promosi yang terus menerus, diharapkan dapat mendorong masuknya produk teh Indonesia ke Belanda melalui restoran-restoran ternama Indonesia di Belanda. Dan ke depan diharapkan dapat masuk melalui hotel-hotel ternama di Belanda salah satunya Hotel Jakarta di Amsterdam serta hotel-hotel di Belanda lainnya yang berada di bawah satu manajemen. (nad)

- Advertisement -

TERBARU

Jokowi: Ibukota Baru di Antara Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Kastara.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan lokasi calon ibu kota baru berada di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten...