Gamelan Jawa

Kastara.ID, Wellington – Gamelan Jawa hasil kolaborasi berbagai institusi tampil memukau pada pembukaan New Zealand Festival di Porirua, Wellington, Selandia Baru (22/2). Para pemain Gamelan Jawa menampilkan tembang gending Soran, Mantram, lagu dolanan Gambang Suling dan Perahu Layar.

Penampilan Gamelan Jawa pada acara pembukaan ini merupakan kolaborasi antara KBRI Wellington, New Zealand School of Music yang mempunyai komunitas Gamelan Jawa (Padhang Moncar), Victoria University of Wellington yang mempunyai komunitas Gamelan Bali (Taniwha Jaya), dan Komunitas Masyarakat Indonesia di Wellington (Kamasi).

Pada New Zealand Festival 2020, Padhang Moncar juga akan memberikan workshop selama empat hari berturut dari tanggal 25-29 Februari kepada kurang lebih 40 pelajar SMA di Porirua. Para peserta workshop gamelan akan mengiringi pelatihan gerak oleh Helmy dan Eri dari Teater Ruang Solo yang sedang berada di Wellington untuk pentas di New Zealand Festival.

Padhang Moncar dan Taniwha Jaya merupakan komunitas gamelan binaan KBRI Wellington yang sangat aktif dalam mengembangkan gamelan melalui workshop dan berpartisipasi pada event budaya di Selandia Baru. (har)