Perangko

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan perangko seri vaksinasi nasional Covid-19. Perangko yang diluncurkan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2) itu menampilkan foto Jokowi yang sedang disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama.

Seri perangko berharga Rp 5.000 itu didominasi warna putih dan merah bertuliskan Vaksinasi Covid-19 dan #VaksinasiAmandanHalal. Pada sisi kanan perangko terdapat tulisan INDONESIA.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat memberikan keterangan seusai peluncuran mengatakan, seri perangko ini merupakan bentuk representasi Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. Perangko ini juga menunjukkan Indonesia adalah negara yang dengan cepat dan sigap memerangi pandemi covid-19. Salah satu bentuk kesigapan itu adalah melalui vaksinasi covid-19 untuk masyarakat agar dapat mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Plate menambahkan, di masa yang akan datang penerbitan prangko dapat dilakukan secara digital dengan metode barcode. Politisi Partai Nasdem ini menuturkan, untuk tracing dan tracking yang dilengkapi dengan fitur virtual reality pada perangko agar lebih detail dan menarik.

Keputusan menerbitkan perangko bertema penanganan Covid-19 bukan hanya di Indonesia. Pada Rabu (24/2), pemerintah Australia juga menerbitkan perangko bertema Covid-19. Bedanya perangko buatan Australia bergambar orang-orang yang berjasa dalam penanganan Covid-19.

Salah satu dari lima perangko yang diterbitkan memperlihatkan beberapa tenaga kesehatan. Menariknya orang yang berada pada barisan terdepan di perangko tersebut adalah tenaga kesehatan wanita berhijab.

Manajer Umum Eksekutif Australia Post, Nicole Sheffield dalam keterangannya mengatakan, perangko ini untuk menghormati orang-orang yang terus melayani dan melindungi warga Australia dari Covid-19.

Terdapat lima seri perangko peringatan Pahlawan Garis Depan yang diterbitkan dengan menampilkan gambar guru, tenaga kesehatan, anggota Angkatan Pertahanan Australia, polisi, staf supermarket, dan pekerja pengiriman makanan.

Kelima prangko seharga 1,10 dolar Amerika yang dirancang oleh The Australia Post Design Studio dan diilustrasikan oleh Robert Elliott. NicoleSheffield menuturkan rakyat Australia berterima kasih kepada mereka. (ant)