Depok

Kastara.ID, Depok – Pasangan Muhammad Idris–Imam Budi Hartono selaku Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih, dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2). Wali Kota Depok Mohammad Idris secara resmi diambil sumpahnya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Prosesi itu dilakukan dalam acara pengambilan sumpah dan janji jabatan pelantikan wali-wakil wali kota/bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada 2020. Setelah pembacaan sumpah janji jabatan, para kepala daerah yang dilantik langsung menandatangani berita acara.

Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati ini akan dilakukan secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19. Agar tidak melanggar pasal 164 UU 10/2016 yang mengatur bahwa bupati dan wali kota dilantik di ibukota provinsi, maka gubernur yang melantik akan tetap berada di ibukota provinsi.

“Alhamdulilah, pelantikannya berjalan lancar dan khidmat dalam kondisi seperti ini. Kami tidak mempermasalahkan teknis pelaksanaan secara virtual atau langsung sebab kondisi pandemi saat ini,” kata Qonita Luthfiyah kepada wartawan usai acara di Gedung Baleka Ruang Teratai, Kota Depok.

Meski Wakil Wali Kota Imam Budi Hartono (IBH) di rumah sakit dan menyaksikan secara virtual karena masih terpapar Covid-19, ke depannya diharapkan dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya. Masyarakat Depok juga menunggu kerja nyata yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok.

“Kita berharap pak Kiai Idris dan Pak Imam diberikan kemudahan, kelancaran mengemban amanah sebagai pemimpin Kota Depok. Tentunya saya selaku anggota DPRD ingin bersama eksekutif membangun Depok. Memperkuat sinergisitas demi percepatan pembangunan daerah,” tutupnya. (*)