Headline

Tim Kuasa Hukum HRS Tak Diperkenankan Masuk Ruang Sidang

Kastara.ID, Jakarta – Tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab (HRS) cekcok dengan petugas keamanan lantaran hanya beberapa orang yang diperkenankan masuk ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (26/3).

Anggota tim hukum yang boleh masuk dibacakan oleh kepolisian dari dekat gerbang pengadilan. Sementara pihak kuasa hukum sempat menolak lantaran ingin 12 anggota tim hukum diperbolehkan masuk semua. Namun, hanya ada dua anggota tim hukum yang masuk demi mendampingi HRS yang hadir langsung dalam sidang kali ini.

Muhammad Kamil Pasha menyesalkan pembatasan anggota tim hukum untuk masuk ruang sidang. Dia mengaku baru kali ini diperlakukan seperti itu. “Mau standar KUHAP mau Perma (Peraturan Mahkamah Agung) enggak ada itu ngelarang. Baru kali ini saya beracara dipilih jadi pengacara dihalangi masuk kayak gini,” kata Pasha.

Kamil Pasha menegaskan bahwa pembatasan tim hukum masuk ruang sidang tidak berdasar. Jika petugas menyampaikan alasan, menurutnya itu hanya mengada-ada. “Masak kita dipilih sama hakim. Ini bukan kontestasi Indonesian Idol yang dipilih oleh juri,” tambahnya.

Dia mengatakan pembatasan tim hukum masuk ruang sidang berdampak pada terdakwa yang seharusnya mendapat pendampingan hukum. Terdakwa yang dimaksud yakni HRS.

HRS sendiri sudah tiba sekitar pukul 08.33 WIB. Kedatangan kendaraan yang membawa HRS dikawal oleh petugas dengan menggunakan pengawalan ketat. Penjagaan di PN Jaktim terpantau diperketat.

PN Jakarta Timur akan menggelar sidang tiga perkara yang menjerat mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) HRS dengan agenda pembacaan nota keberatan atau eksepsi pada hari ini, Jumat (26/3). (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…