Sampah

Kastara.ID, Jakarta – Volume sampah saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah mencapai 2.195 ton. Sampah-sampah tersebut diangkut dengan 432 rit truk sampah menuju Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, pada H-1 Lebaran, total sampah mencapai 6.995 ton dengan 1.299 rit truk sampah. Sementara, untuk H+1 mencapai 2.917 ton dengan 624 rit truk sampah.

“Berdasarkan pengalaman empiris pada tahun-tahun sebelumnya, tonase sampah menurun saat pra dan pasca Lebaran,” ujarnya, Selasa (26/5).

Andono menjelaskan, berdasarkan data tahun 2019, tonase sampah mencapai 7.145 ton dengan 1.321 rit truk sampah pada saat H-1 Lebaran. Kemudian, menurun drastis pada hari H Lebaran sebanyak 1.959 ton dengan jumlah 376 rit untuk pengangkutan

“Tahun ini terjadi sedikit perubahan pola karena ada larangan melakukan mudik. Sehingga, warga di Ibukota relatif tidak berkurang, demikian juga sampah yang dihasilkan,” terangnya.

Andono memperkirakan sampah akan kembali normal pada Rabu (27/5) atau H+3. Sebab, akumulasi tumpukan-tumpukan sampah yang sempat tertinggal di tempat sampah masing-masing rumah warga mulai dikirim ke tempat penampungan sementara (TPS).

“Kami sudah melakukan antisipasi kemungkinan peningkatan tonase tersebut dengan menyiapkan pola dan strategi operasi,” ucapnya.

Menurutnya, TPST Bantargebang tetap beroperasi 24 jam selama libur Idul Fitri 1441 Hijriah. Sebanyak 300 personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah tersebut.

“Untuk per hari iniĀ dwelling timeĀ atau waktu rata-rata truk sampah mengantre, menimbang, dan menurunkan sampah sampah di sana hanya 2 jam 15 menit. Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantargebang tetap normal,” tegasnya.

Ia menambahkan, para sopir truk sampah juga diinstruksikan untuk mengosongkan TPS di seluruh wilayah Jakarta sebelum Lebaran.

“Pengosongan ini dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hari H dan H+1 Lebaran,” tandasnya. (hop)