Pulau Pramuka

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu bersama UPT Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas KPKP DKI Jakarta (25/5), menebar 1.485 ekor benih ikan di perairan Pulau Pramuka. Giat ini dalam rangka pencanangan Jakarta Hajatan ke-495.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, ini merupakan bagian dari kegiatan konservasi laut untuk menjaga keseimbangan dan ketersediaan ikan di perairan Kepulauan Seribu. 1.485 ekor benih yang tebar ini terdiri dari masing-masing 495 ekor ikan Nemo, Kerapu, dan Bawal.

“Tiga jenih benih ikan yang disebar jumlahnya sesuai dengan usia kota Jakarta, 495 tahun,” ujarnya.

Zaenab Biki, Kepala Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) menjelaskan, pada tahun ini pihaknya menargetkan menyebar 10.000 ekor benih ikan di perairan Kepulauan Seribu. Hingga Mei ini tercatat sudah 4.000 ekor benih ikan yang sudah ditebar, mulai dari ikan Nemo, Kerapu, Kakap, hingga Bawal.

“Kami berharap sumber daya ikan di perairan Kepulauan Seribu jenisnya beranekaragam. Sehingga dapat membantu ketersediaan ikan bagi nelayan,” tandasnya. (hop)