Andrea DoviziosoAndrea Dovizioso. (Motorsport)

Kastara.id, Jakarta – Menjelang seri perdana paruh kedua MotoGP musim ini di Sirkuit Brno, Ceko, pembalap Ducati Team Andrea Dovizioso bakal lebih fokus dengan menebar ancaman kepada duet Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, daripada memikirkan pimpinan klasemen sementara, Marc Marquez.

Tahun lalu Dovi memang mampu memberikan perlawanan keras pada rider Repsol Honda itu sampai seri final Valencia. Tapi sekarang, Dovi masih terpaku di posisi keempat klasemen sementara dan tertinggal 77 poin di belakang Marquez.

Hingga jelang masuk paruh kedua, Dovi baru berhasil menang satu kali sejauh ini, yakni di seri pembuka Qatar awal tahun. Sementara Rossi dan Vanales kini mulai bangkit dan masing-masing unggul 31 dan 21 poin dari Dovi.

Klasemen
Klasemen pembalap MotoGP hingga paruh musim balapan 2018. (Motorsport)

Dovi mengakui gap dengan Marquez sudah terlalu besar dan ia kurang yakin bisa mengejar The Baby Alien. “Saya lebih khawatir tentang kesenjangan yang saya miliki dengan pembalap Yamaha saat ini, bukan dengan Marquez,” ungkap Dovi kepada AutoSport.

Menurut Dovi, dirinya tak lagi mengkhawatirkan Marquez, bahkan sebelum juara bertahan itu memenangkan seri Jerman kemarin. “Marquez melakukan hal yang benar dalam banyak balapan dan ia menciptakan gap besar,” ujar pembalap kelahiran Italia itu.

“Perbedaan antara kecepatan kami dibandingkan dengan Marquez sangat kecil, jadi ini positif. Saya tidak khawatir tentang itu, tapi gap poin yang besar menjadi masalah kami,” tandasnya.

Memasuki paruh kedua musim ini, Dovi berharap mampu memberikan tekanan tinggi. Balapannya sendiri baru akan dimulai pada pertengahan Agustus mendatang. (dwi)