Headline

Menkominfo: Internet Hak Semua Anak Indonesia untuk Kebaikan

Kastara.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak agar anak-anak Indonesia aktif memanfaatkan kecanggihan internet dan jangan sampai merasa canggung.

Namun Rudiantara juga mengingatkan, pemanfaatan dan penggunaan internet tersebut harus dilakukan secara bijaksana dan baik. Anak-anak Indonesia tentunya harus bisa memilah konten yang buruk serta tak berhubungan dengan masa depannya.

Hal tersebut disampaikannya ketika menjadi pembicara seminar Internetku Baik, Internetku Asyik yang diselenggarakan Kementerian Kominfo bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), di Wisma Antara, Jakarta, Kamis (26/7).

Seminar digelar dalam rangka Hari Anak Nasional yang telah diperingati 23 Juli lalu. Dalam kesempatan ini, Menteri Rudiantara memaparkan mengenai pemanfaatan teknologi internet di hadapan ratusan murid tingkat SMP, SMA, dan SMK, serta puluhan siswa dari SLB di DKI Jakarta.

Menteri Kominfo mengatakan, banyak hal seperti ilmu pengetahuan yang bisa diperoleh dari kecanggihan internet. Namun kemajuan teknologi internet jangan sampai mengubur masa depan anak-anak Indonesia yang gemilang sebab lemahnya pengawasan konten.

“Jadi internet untuk kebaikan anak-anak Indonesia. Memang ada baik dan buruknya, bagaimana kita memilahnya. Jadi pakailah internet dengan baik, bijaksana. Sebarkan yang baik-baik saja dan mendukung kemajuan. Kita semua harus memahami dan menyadari bahwa apapun yang kita sebarkan, posting di internet, positif atau negatif akan seumur-umur (selalu tersimpan selamanya),” katanya.

Menteri Rudiantara menuturkan, saat ini Pemerintah Indonesia terus berupaya menghadirkan akses jaringan internet secara merata di seluruh penjuru Tanah Air. Sehingga, bukan hanya anak-anak di kota besar saja, seperti Jakarta, yang bisa memanfaatkan dan mengenal internet.

Saya baru kembali dari Papua. Saya ke Puncak Jaya nama daerahnya. Puncak Jaya adalah kota yang paling tinggi, paling ujung di atas Papua. Di sana kita sama-sama bangun internet. Jadi teman-teman di sana yang sekolah dasar, SMP, SMA sekarang bisa menggunakan internet seperti kita di Jakarta. Karena internet itu semua adik-adik teman-teman mempunyai hak untuk bisa menggunakan internet. Dengan internet akan membantu kemudahan pendidikan belajar anak-anak di sekolah,” tuturnya.

Menteri Kominfo mengungkapkan, pada Tahun 2019 daerah-daerah di seluruh Indonesia sudah bisa mengakses jaringan internet secara mudah serta berkecepatan tinggi. Guna mewujudkannya, saat ini Pemerintah membangun infrastruktur Palapa Ring.

“Kita bangun namanya Palapa Ring, targetnya 2019 semua kabupaten dan kota di Indonesia ada 514 harus sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung internet berkecepatan tinggi,” katanya. (tho)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…