Internasional Toys And Kids Expo 2018

Kastara.id, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memukul gong penanda dibukanya Internasional Toys And Kids Expo Tahun 2018 yang berlangsung di Hall B1 dan B2, Kompleks PRJ Kemayoran Jakarta, Kamis (26/7). Internasional Toys And Kids Expo 2018 berlangsung berlangsung pada 26-28 Juli dan diikuti 216 produsen mainan dari berbagai negara di Asia.

Sesaat sebelum membuka pameran mainan itu, Muhaimin menyatakan dukungannya terhadap industri mainan anak. Apalagi, potensi ekonomi dari dunia mainan anak sangat besar. Kalau dikembangkan dengan baik, niscaya dapat berkontribusi untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Setiap tahun, jumlah kelahiran anak di Indonesia mencapai 4.500.000 orang. Artinya, setiap tahun minimal harus ada 4.500.000 mainan yang tersedia di pasaran,” kata Muhaimin menambahkan.

Karena itu, kata Muhaimin pemerintah harus mendukung perkembangan industri mainan dalam negeri. Sekaligus memberi peluang kepada para pedagang dan pengusaha untukĀ  tumbuh dan berkembang. Tidak sebaliknya, menekan para pedagang karena persoalan izin dan administrasi.

“Standar Nasional Indonesia (SNI) itu penting. Tapi SNI juga harus bisa membina para pedagang dan pengusaha untuk tumbuh dan berkembang, bukan malah menjadi peluang bagi oknum aparat untuk melakukan pungli,” kata Muhaimin lagi.

Muhaimin berharap, asosiasi mainan anak Indonesia, harus menjadi bagian dari kemajuan dan pertumbuhan. Karena itu semua harus kompak, bersinergi, dan maju bersama. Pada kesempatan itu, Cak Imin menyempatkan diri, berkeliling meninjau beberapa stan pameran seperti robot, water gun, dan boneka. (put)