Puskesmas Pengasinan

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pengasinan melakukan sweeping pemberian vitamin A ke rumah warga. Langkah tersebut ditempuh untuk mencapai target 95 persen pemberian vitamin A di wilayah kerjanya.

Kepada UPTD Puskesmas Pengasinan, Ratih Oktriviana menuturkan, jumlah sasaran vitamin A di bulan Agustus ini adalah 4.306 balita dari 35 posyandu di wilayah kerja Puskesmas Pengasinan yang mencakup wilayah Kelurahan Pengasinan dan Bedahan.

“Hingga saat ini sudah 90 persen pembagian vitamin A melalui posyandu di wilayah kerja kami,” tuturnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (25/8).

Ada sejumlah teknik distribusi yang dilakukan oleh para kader posyandu. Umumnya, dengan membentuk pos penimbangan per RT dan sweeping ke rumah balita.

“Jika ada balita yang tidak hadir ke posyandu pada saat jadwal pemberian vitamin A kami akan sweeping ke rumahnya,” terangnya.

Lebih lanjut, ucapnya, untuk pendistribusian diserahkan kepada kader setempat disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Yang terpenting pelaksanaan distribusi dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes), menghindari terjadinya kerumunan.

“Di masa pandemi, pemantauan pertumbuhan tetap penting bagi balita. Maka diharapkan ibu balita dapat memantau kesehatan anaknya secara mandiri ataupun ke posyandu dengan memperhatikan prokes,” tandasnya. (dha)