Belitung

Kastara.ID, Tanjung Pandan – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Menhub mengatakan, pengelolaan bandara ini akan diserahkan ke Angkasa Pura II. Sebagai project KSP (kerja sama pemanfaatan) yang merupakan bagian PPP (Public Private Partnership)

Tiba di Belitung, Menhub bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Sahani Saleh. Berbincang sebentar, Menhub langsung melihat beberapa fasilitas bandara, mulai dari toilet sampai dengan pelayanan tiket.

“Bandara HAS Hanandjoeddin ini sudah menjadi bandara internasional, dalam waktu dekat bandara ini akan dikelola dalam sekema kerja sama pengelolaan dengan AP II,” Kata Menhub.

Menhub mengatakan kerja sama akan segera terealisasi dalam waktu dekat dan AP II akan melakukan investasi untuk pengembangan bandara. “Kita harapkan dalam satu dua minggu ini bisa terlaksana. Dan kita wajibkan AP II melakukan investasi dengan nominal sekitar 300 miliar rupiah,” ujarnya.

Angka investasi itu lanjut mantan Dirut AP II untuk memperpanjang runway, mempertebal landasan dan merenovasi terminal. “Semoga kinerjanya bertambah baik dan bisa menampung turis baik lokal maupun internasional. Dan dalam waktu dekat ada Air Asia yang menuju Kuala Lumpur dan Jet Star yang menuju Singapura,” tegas Menhub seraya memuji keindahan wisata Belitung.

Sementara Bupati Belitung Sahani Saleh menyambut baik rencana Menhub yang mengusulkan pengelolaan bandara oleh AP II. “Kami berterima kasih kepada Menteri Perhubungan yang telah mensupport Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa pertumbuhan sektor pariwisata di Belitung ini cukup pesat. Karena kata dia, destinasi-destinasi pariwisata sudah masuk ruang lingkup UNESCO Geopark Global. “Dari Guangzho juga rencana akan ada pesawat terbang menuju Belitung,” pungkasnya. (yan)