Ambulans

Kastara.ID, Jakarta – Media sosial diramaikan dengan beredarnya cuitan dan unggahan yang menyebutkan ambulans milik Pemprov DKI Jakarta membawa batu dan bensin. Ambulans sebanyak lima unit tersebut diduga bakal menyuplai batu dan bensin bagi para pendemo di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Kabar tersebut disebarkan oleh Polda Metro Jaya melalui akun twitter @TMCPoldaMetro pada pukul 02.16 WIB.

Namun kabar tersebut mendapat respons negatif dari warganet. Sebagian besar mempertanyakan kebenaran informasi tersebut. Pasalnya dalam video tersebut sama sekali tidak terlihat adanya batu dan bensin. Dalam video itu justru terlihat petugas medis yang siap sedia lengkap dengan peralatan guna menolong korban kerusuhan.

Akibatnya, unggahan tersebut mendadak hilang dari akun twitter milik Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya. Pantauan pada Kamis (26/9) pagi pukul 08.12 WIB unggahan itu sudah tidak ada. Namun ungguhan tersebut masih bisa ditemukan di akun instagram milik TMC Polda Metro Jaya. Muncul dugaan Polda Metro Jaya termakan informasi bohong atau hoaks.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyatakan polisi berhasil mengamankan lima mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang kedapatan membawa batu dan bensin di Gardu Tol Pejompongan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Saat memberikan keterangan pada Kamis (26/9) Argo menambahkan saat ini ambulans beserta sopirnya tengah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. (hop/rya)