KOMExpo 2018

Kastara.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh pelajar di Indonesia agar memanfaatkan era kemajuan media digital yakni dengan menggunakan internet secara baik dan positif.

Dengan begitu, kata Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Ismail, Kominfo ikut berperan mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Sebab, menurut Ismail, salah satu kinerja Kementerian Kominfo juga ditujukan kepada para pelajar serta generasi muda.

“Dengan internet para pelajar bisa memanfaatkan dan menampilkan karya-karya anak bangsa. Saya yakin produk atau karya para pelajar sudah banyak dihasilkan dan bisa dibantu oleh Kemenkominfo,” ujar Ismail di ajang Kom Expo 2018 yang diselenggarakan Kemenkominfo, di Lapangan Anantakupa, Jakarta, Senin (26/11).

Ismail mengimbau, para pelajar dapat juga optimal mengeksplorasi kreativitasnya melalui media sosial yang saat ini amat berkembang pesat.

Menurut Ismail, karya maupun kreativitas positif yang dilahirkan dari para pelajar atau generasi muda dengan memanfaatkan internet dapat mendukung semakin tumbuhnya ekonomi Indonesia berbasis digital.

“Era digital adalah era milik para pelajar Indonesia. Jadi manfaatkan sebaik-baiknya untuk turut membawa perubahan. Karena ekonomi kita akan berubah dari konvensional menjadi digital,” ucap Ismail.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu berharap, melalui digelarnya KOMExpo 2018 masyarakat, khususnya pelajar, dapat mengenal program strategis semua satuan kerja perangkat di kementeriannya.

“Kami harapkan masyarakat dan para pelajar dari SMA dan SMK, terutama yang hadir pada acara ini, memahami tugas dan fungsi yang dikerjakan Kemenkominfo dan ikut terlibat memberantas hoax,” kata Ferdinandus Setu.

Perhelatan KOMExpo 2018 mengundang 1.200 pelajar dari 12 SMA dan SMK di wilayah Jakarta Pusat. Selain itu, Kemenkominfo juga ikut mengundang Dewan Pers, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) serta Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (STMM).

KOMExpo 2018 akan diselenggarakan selama tiga hari yakni tanggal 26 hingga 28 November. Berbagai booth satuan kerja perangkat di Kemenkominfo berpartisipasi dan menginformasikan program kinerjanya, seperti Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ditjen Sumber Daya Perangkat dan Pos Informatika, Ditjen Badan Litbang SDM dan Ditjen Aptika.

Tak ketinggalan pada KOMExpo 2018 juga bisa disimak sejarah Departemen Penerangan yang merupakan nama awal sebelum diganti menjadi Kementerian Kominfo. (rfr)