Haji 2018

Kastara.id, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439H/2018M merupakan sinergi dan buah upaya bersama. Tidak hanya jajaran pemerintah, juga peran legislatif yang mengawal dan mengkritisi setiap pelaksanaan haji sehingga diperoleh peningkatan kualitas pelayanan haji.

“Kami bersyukur atas segala dukungan dan apresiasi dari anggota DPR RI terkait pelaksanaan haji tahun ini. Penilaian pelaksanaan haji yang dinilai sangat memuaskan ini adalah buah upaya bersama tidak hanya di jajaran pemerintah, tapi juga peran legislatif yang mengawal dan mengkritisi pelaksanaan haji tahun ini,” ujar Menag saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI membahas Evaluasi Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 1439H/2018M di Gedung DPR RI Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Senin (26/11).

“Dan mudah-mudahan ini tidak hanya patut disyukuri, tapi juga bisa terus dijaga untuk lebih baik di masa mendatag,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia tahun 1439H/2018M hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) berada di angka 85,23 atau masuk kategori sangat memuaskan. Hasil survei ini meningkat dibanding 2017 yang sebesar 84,85 atau naik sekitar 0,38.

“Hasil survei BPS ini bagi kami di Kementerian Agama adalah ujian. Karena bagi kami mempertahankan angka yang baik itu tidak sederhana, yaitu bagaimana pada 2019 nanti indeks kepuasan jemaah tetap berada pada hasil sangat memuaskan,” ujar Menag usai menerima penjelasan Kepala BPS Suhariyanto tentang hasil indeks kepuasan jemaah haji tahun 1439H/2018M, Kamis (22/11) lalu. (put)