Kampung Udara Bersih

Kastara.ID, Jakarta – Dalam upaya memasyarakatkan penggunaan transportasi umum masal,  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar kompetisi Kampung Udara Bersih di wilayah Jakarta Timur.

Direktur PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, kompetisi ini untuk mencari daerah yang warganya banyak menggunakan mikrotrans dalam aktivitas sehari-hari, sekaligus menilai kampung yang sanitary dan udaranya bersih.

“Sejak September lalu, sudah 65 kelurahan di wilayah Jakarta Timur bergabung untuk kegiatan kampung udara bersih JakLingko mikrotrans,” katanya, Selasa (26/11).

Agung mengungkapkan, wilayah Jakarta Timur dipilih dikarenakan jangkauan yang sangat luas sehingga volume kendaraan tergolong tinggi. Diharapkan dengan kompetisi ini dapat menurunkan kemacetan, serta polusi yang dihasilkan dari kegiatan transportasi.

“Dari 25 rute JakLingko mikrotrans d Jakarta Timur, 24 di antaranya sudah terintegrasi dengan bus sedang dan besar sistem BRT dan Non BRT,” bebernya.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo menambahkan, pihaknya akan memberi bantuan dana kepada wilayah yang dapat predikat Kampung Udara Bersih, serta melakukan pendampingan kewirausahaan.

“Penilaian akan dilakukan akhir Desember nanti oleh tim independen dan Pemkot Jaktim,” tandasnya. (hop)