COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Jakarta Public Service (JPS) mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Berkualifikasi Informatif oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia. Penghargaan ini menjadi untuk kali ketiga berhasil diraih Pemprov DKI secara berturut-turut sejak tahun 2018.

Direktur Eksekutif JPS Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, penghargaan ini menegaskan Pemprov DKI semakin diakui sebagai pemerintah daerah yang memiliki kemudahan akses informasi dan transparansi.

“Tidak hanya warga di Ibukota, masyarakat luas di Indonesia maupun dunia juga dengan mudah bisa memperoleh informasi tentang Jakarta,” ujarnya, Kamis (26/11).

Syaiful menjelaskan, Pemprov DKI, khususnya Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik telah berhasil melahirkan inovasi atau terobosan baru memanfaatkan perkembangan teknologi agar masyarakat semakin mudah mengakses informasi secara online atau daring.

“Saat ini ada istilah informasi dalam genggaman karena berbagai hal bisa kita tahu cukup dengan gadget. Pemprov DKI mampu menghadirkan itu,” terang Syaiful.

Syaiful berharap, penghargaan yang sudah diraih ini bisa terus dipertahankan dan menjadi motivasi untuk melahirkan lagi kebaruan-kebaruan agar kebutuhan informasi sebagai salah satu layanan publik bisa semakin optimal lagi.

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Gubernur dan Pak Wagub beserta seluruh jajaran. Sebagai warga DKI Jakarta saya juga ikut bangga dengan hattrick penghargaan ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan Pemda Berkualifikasi Informatif berdasarkan sejumlah indikator, yaitu pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik, dan penyediaan informasi publik. Adapun pada hasil monitoring dan evaluasi, Pemprov DKI Jakarta meraih nilai 99,07. (hop)