Alsintan

Kastara.id, Pati – Anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagio memberikan bantuan berupa 120 alat pertanian (alsintan) kepada kelompok petani di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Saat memberikan bantuan alsintan, Firman Subagio didampingi oleh Bupati Pati Haryanto dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati. Bantuan alat pertanian tersebut berupa 51 unit traktor roda dua, 10 traktor roda, pompa air sebanyak 51 unit, dan delapan mesin tanam diserahkan di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (27/1).

Dalam kesempatan itu, Firman menyampaikan, adanya bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan dengan baik oleh para petani untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi beban biaya produksi pertanian. Sehingga petani dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Firman menambahkan, kepada kelompok tani untuk belajar mekanik, terutama terkait mesin-mesin pertanian. Sehingga jika ada kerusakan mesin bisa segera dibenahi dan tidak mengganggu saat digunakan kembali.

“Ke depan setelah dipakai mesin akan mengalami kerusakan supaya bisa memperbaiki sendiri. Sangatlah penting petani lokal untuk belajar mekanik atau mempunyai kemampuan untuk memperbaiki,” tambahnya. (npm)