Sodong Culture Symphony 2018

Kastara.id, Jakarta – Kementerian Pariwisata menyambut baik event Sodong Culture Symphony 2018 yang digelar di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada 26-28 Januari 2018, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap berkerja sama dengan GenPI dan APPC.

Event ini dimeriahkan dengan keragaman budaya khas Cilacap antara lain; karnaval di atas pasir Pantai Sodong, ini menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan daya tarik wisata di Kabupaten Cilacap. Pantai Sodong sendiri menjadi salah satu ikon pariwisata Cilacap.

Karnaval yang diikuti 200 peserta ini mengenakan busana unik sebagai perpaduan antara busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasan. Ditampilkan tarian Jalungmas yang dibawakan secara kolosal. Tarian ini merupakan perpaduan budaya Jawa dan Sunda dan ditampilkan untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas, yaitu Tiek Entarti.

Pada acara itu para penari mengajak wisatawan untuk ikut menari. Tidak ketinggalan pada acara itu digelar Pasar Cemaraan yang menyajikan aneka kuliner khas, seperti thempleng, lanthing, mendoan, dan lepet. Acara pasar ini berlangsung setiap hari selama event berlangsung.

Selain itu, yang ditunggu para wisatawan, adalah pertunjukan Sodong Bejazz Pesisir yang berlangsung pada Sabtu malam (27/1). Sodong Bejazz Pesisir menampilkan Sruti Respati, Jess Kidding, dan Nufi Wardhana. Untuk menarik suasana pada panggung pertunjukan di pinggir pantai diterangi 1.000 obor.

Hiasan tananam pohon kelapa dan cemara di sepanjang pantai, menjadi salah satu daya tarik Pantai Sodong. Pantai yang terletak di Desa Karang Benda Kecamatan Adipala posisinya berdekatan dengan Gunung Selok yang mengalirkan sumber air hingga ke laut Sodong. Aliran air tersebut membentuk perairan dangkal yang bersih dan hangat sehingga mengundang wisatawan untuk menikmati suasana Pantai Sodong. (nad)