Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan tak ada Warga Negara Indonesia (WNI), terutama mahasiswa yang teridentifikasi terjangkit virus corona di Wuhan, China.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah menyatakan hal tersebut setelah Kemlu melalui instruksi langsung Menlu Retno Marsudi melakukan video teleconference dengan pejabat otoritas di sana.

“Belum ada laporan. Sampai sekarang kami tidak temukan ada WNI di wilayah tersebut yang terkena N-cov (corona virus),” kata Teuku Faizasyah di Gedung Kemenlu, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Senin (27/1).

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan saat ini ada 243 WNI yang hampir keseluruhan adalah mahasiswa berada di wilayah karantina di China. Mereka semua kata dia dipastikan dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Bahkan untuk memantau kondisi para WNI yang berada di wilayah karantina ini, pemerintah bekerja sama dengan otoritas China telah membuat jalur komunikasi melalui aplikasi WeChat untuk memantau terus keadaan para WNI di sana.

Selain itu, terkait opsi-opsi evakuasi terhadap WNI yang saat ini masih menetap di wilayah karantina juga kata dia masih dalam proses pembicaraan.

Teuku juga meminta agar warga Indonesia yang saat ini tengah berada di wilayah karantina maupun di wilayah lain di China tetap bersikap waspada. Terutama menjaga kebersihan dan segera melakukan pelaporan ke pihak KBRI setempat. Dia juga menghimbau agar warga negera Indonesia yang ada di dalam negeri memikirkan ulang rencana kunjungan ke RRT dalam waktu dekat. (ant)