Vaksinasi

Kastara.ID, JakartaDi tengah kembali meningkatnya kasus harian Covid-19 karena munculnya varian Omicron, PT Blue Bird Tbk yang dimulai dari Bluebird Bali terus berupaya untuk memperkuat protokol kesehatan dan perlindungan bagi pengemudi dan pengguna. Setelah sebelumnya sukses mendapatkan sertifikasi Clean, Health, Safety Environment (CHSE) dari Kementerian Pariwisata, kali ini Bluebird Bali menyelenggarakan vaksinasi tahap tiga, atau booster kepada seluruh pengemudi dan karyawannya pada 27-28 Januari 2022 di Pool Jimbaran, Bali.

Kegiatan vaksinasi ini dapat terselenggara berkat dukungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Bali serta Dinas Kesehatan setempat. Pada penyelenggaraannya, Bluebird Bali berhasil mencapai target kesuksesan hingga 100 persen kepada seluruh pengemudi dan karyawannya. Hal ini menjadikan Bluebird Bali sebagai penyedia layanan transportasi darat pertama yang berhasil melakukan vaksinasi booster. 

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono mengungkapkan apresiasi kepada Polda Bali. “Saya mewakili segenap keluarga besar Bluebird mengucapkan terima kasih kepada Polda Bali atas dukungan kepada Bluebird untuk mendapatkan vaksinasi tahap tiga. Hal ini membawa kami semakin percaya diri dalam menemani masyarakat untuk mencapai kebahagiaan melalui mobilitasnya,” katanya.

Sigit mengungkapkan bahwa meluasnya aksesibilitas masyarakat untuk mendapatkan layanan transportasi yang telah dipercaya hampir 50 tahun sebagai rekan perjalanan, perlu diimbangi dengan penguatan penerapan protokol kesehatan guna memberikan layanan yang aman, nyaman, terpercaya dan andal. 

“Sejak tahun lalu, Bluebird telah menguatkan transformasi digitalnya melalui pilar Multi-Channel Reservation di mana masyarakat mendapatkan berbagai pilihan akses untuk mendapatkan layanan kami. Langkah perluasan akses tersebut juga perlu diimbangi dengan pengetatan protokol kesehatan agar setiap pengguna mendapatkan ketenangan dalam setiap perjalanannya bersama Bluebird,” imbuh Sigit.

Sementara Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengungkapkan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bluebird Group atas perhatian dan keikutsertaan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Bali melalui Gerakan Vaksinasi tahap tiga, atau booster kepada seluruh pengemudi dan karyawannya pada 27-28 Januari 2022. Hal tersebut sejalan dengan program prioritas Kapolri yaitu Pemantapan Dukungan Polri dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Vaksinasi ketiga atau booster merupakan upaya untuk memperkuat imunitas tubuh dan meningkatkan efektivitas vaksinasi sebelumnya di tengah kemunculan varian Omicron di Indonesia.

Putu mengungkapkan bahwa penanganan Pandemi Covid-19 harus didukung oleh semua pihak khususnya masyarakat. “Saya mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan baik, bagi masyarakat yang belum divaksin agar melakukan vaksinasi di gerai-gerai vaksinasi Polri Presisi maupun gerai vaksinasi yang tersedia. Melalui penerapan prokes dan akselerasi vaksinasi, mari kita sukseskan program pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan pemulihan pariwisata Bali secara bertahap,” paparnya.

Sedangkan General Manager Area Timur, Panca Wiadnyana menyatakan bahwa meski telah sukses melakukan vaksinasi kepada seluruh pengemudi dan karyawan, kualitas protokol kesehatan akan terus dijaga guna mendapatkan perlindungan ganda. 

“Kami menyadari pandemi belum berakhir, munculnya varian Omicron menjadi salah satu bukti bahwa kita masih dibayangi oleh pandemi. Oleh sebab itu, kami tidak akan mengendurkan penerapan protokol kesehatan, justru ini sebagai semangat baru bagi kami setelah sebelumnya juga sukses mendapatkan sertifikasi CHSE,” kata Panca. 

Pelaksanaan program vaksinasi ini tertuju pada seluruh elemen layanan Bluebird, mulai dari pengemudi, operator, mekanik bengkel, hingga karyawan administrasi. Dan tidak lupa, kegiatan ini juga melibatkan masyarakat di sekitar depo (Jimbaran). “Layanan Bluebird dapat menjadi andal berkat seluruh elemen operasi yang ada, kami ingin memastikan semuanya dapat terlindungi dengan baik sehingga Bluebird Bali dapat terus menjaga kualitas layanan,” pungkas Panca. (ant)