Bus Sekolah

Kastara.ID, Jakarta – PT MRT Jakarta bekerja sama dengan Unit Pengelolaan Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terkait layanan transportasi terintegrasi.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi dengan Kepala Unit UPAS Dishub DKI Jakarta Ali Murtadho.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kerja sama ini dalam rangka mendorong sistem integrasi di Jakarta. Bentuknya, menyediakan sistem pengumpan bagi pengguna MRT Jakarta dan bus sekolah.

Untuk sementara ada dua rute yang diintegrasikan yakni Rute 11 Ciledug-Stasiun Blok M BCA dan Rute 14 Pondok Labu-Stasiun Cipete Raya.

Syafrin menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin melakukan perubahan paradigma dengan mendorong sistem transit dari yang sebelumnya lebih ke private vehicle beralih menjadi public vehicle.

“Dua rute ini merupakan rute awal. Ke depan akan dikembangkan rute lainnya lagi bekerja sama dengan JakLingko untuk menghadirkan integrasi,” ungkap Syafrin, Kamis (27/1).

Sementara Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi menuturkan, kerja sama ini bertujuan untuk menjajaki pengembangan layanan transportasi terintegrasi melalui penyediaan konektivitas transit pengumpan dari armada bus milik UPAS ke MRT Jakarta.

“Tidak menutup kemungkinan akan dibuatkan model paket perjalanan transportasi MRT Jakarta khusus pelajar, seperti program Jelajah Jakarta MRT dan Bus Sekolah,” kata Effendi.

Effendi menambahkan, kolaborasi ini juga sekaligus sebagai bentuk kerja nyata mengampanyekan penggunaan transportasi publik yang aman, nyaman dan efisien sejak dini kepada anak-anak.

“Kerja sama ini akan menjajaki skema layanan transportasi terintegrasi terhadap infrastruktur dan layanan penunjang lainnya,” tandasnya.

Saat ini, UPAS menyediakan 166 unit bus sekolah yang melayani 20 rute regular dan 13 zonasi yang dapat digunakan para pelajar secara gratis pada pukul 05.30-07.00, pukul 11.00-16.00 dan pukul 17.00-19.00.

Kerja sama integrasi transportasi MRT Jakarta bersama dengan UPAS kali ini akan melayani rute:

1. Rute 11 Ciledug l-Stasiun Blok M BCA
*Menuju Stasiun Blok M BCA
*Ciledug
-Stasiun Blok M BCA (Jalan HOS Cokroaminoto Ciledug-Ciledug Raya berputar balik di SPBU perbatasan Tangerang Selatan-HOS Cokroaminoto Ciledug-CiledugRaya-Pakubuwono-Bumi-Kyai Maja-Trunojoyo-Sultan Hasanuddin-Terminal Bus Blok M/Stasiun Blok M BCA.

*Menuju Ciledug
-Terminal Bus Blok M/Stasiun Blok M BCA-Jalan Sultan Iskandarsyah-Jalan Tirtayasa-Jalan Gunawarman-Jalan Senopati dan Jalan Pattimura-Jalan Kyai Maja-Jalan HOS Cokroaminoto Ciledug -Jalan Ciledug Raya-putar balik di SPBU perbatasan Tangerang Selatan.

2. Rute 14 Pondok Labu-Stasiun Cipete Raya
*Menuju Stasiun Cipete Raya
*Pondok Labu-Pinang 1-Marga Satwa (Pangkalan Jati)-Pangkalan Jati-Jalan Fatmawati Raya.
*Menuju Pondok Labu
-Stasiun Cipete Raya-Jalan Fatmawati -Pangkalan Jati-Marga Satwa (Pangkalan Jati)-Pinang 1-Pondok Labu.

Adapun stasiun yang dilewati yaitu Stasiun Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, dan Blok M BCA. (hop)