Fokus Depok

Pelaku Seni Dari Berbagai Daerah Ngumpul di Depok

Kastara.ID,Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan Gedung Taman Musik Depok di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Pada kesempatan ini juga bersamaan dengan pengukuhan Dewan Kebudayaan Kota Depok (Dekade). Kamis (26/1)

Wali Kota Depok, mengatakan, awalnya Taman Musik Depok (Tamude) merupakan sebuah komunitas seni musik yang memanfaatkan Gedung Pemuda untuk berlatih selama bertahun-tahun. Berangkat dari situ, Pemerintah Kota Depok kemudian membangun sebuah gedung untuk memfasilitasi mereka mengembangkan kreativitasnya di bidang seni.

Idris berharap, gedung Tamude ini bisa dimanfaatkan untuk event-event musik yang mendidik. ucapnya.

Idris mengatakan, gedung berkapasitas 150 penonton ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelaku seni, tidak hanya seni musik. Agar seluruh kebudayaan seni di Kota Depok semakin dikenal dan berkembang. “Kami berharap gedung Tamude ini bisa dihadirkan lagi di beberapa tempat,” ucapnya.

Sebagai informasi, Gedung Tamude ini dibangun oleh Pemerintah Kota Depok dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 senilai Rp 5,8 miliar.
Selain peresmian Gedung Tamude, Idris juga mengukuhkan Dewan Kebudayaan Kota Depok. Mitra Pemerintah yang sudah ada sejak 2022 lalu diketuai oleh Awaluddin Faj.

Masih kata Idris , Dewan Kebudayaan adalah motor penggerak bagi pelaku seni budaya di Kota Depok. Diharapkan keberadaannya dapat mengkolaborasikan seluruh pelaku seni budaya dengan beragam etnis dan sukunya, sehingga nilai kebudayaan di Kota Depok memiliki kekhasan.

“Sesuai Perda Kebudayaan jati diri budaya Kota Depok adalah Betawi Depok yang merangkum seluruh kebudayaan yang ada. Ada Sundanya, Jawanya, Gunung Kidul luar biasa di Depok bahkan Reog Ponorogo juga,” tuturnya.

“Banyak pelaku seni dari berbagai daerah ngumpul di Depok, Itu yang kita kembangkan,” tutupnya.

Leave a Comment

Recent Posts

Akan Ada Kejutan di Pilkada Depok

Kastara.Id,Depok - Perbincangan  yang berbau politik  ternyata masih belum habis di 2024, bahkan mulai memanas…

Supian Suri Paham Cara Memajukan Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Syukur Alhamdulillah itu kalimat yang pertama kali diucapkan ketika memasuki rumah Supian Suri,banyak…

Pasar Tumpah Sekarang Ganti Nama Menjadi Pasar Rakyat

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok menghadiri Pasar tumpah yang sekarang berganti nama menjadi Pasar Rakyat…

Aksi Huma Rumil Berbagi Keceriaan Bersama Anak-Anak

Kastara.Id,Jakarta - Komunitas seni dan budaya Huma Rumil melaksanakan program sosialnya di bulan Ramadan tahun…

Warga RT 01/02 Pancoran Mas Depok memberi Santunan

Kastara.Id,Depok - Indahnya kebersamaan menjelang hari raya Idul Fitri 2045,Warga RT01/02 Kelurahan Pancoran Mas membagikan …

Bingkisan Lebaran YPJI dan Permata Sanny Peduli untuk 100 Jurnalis

Kastara,ID,Jakarta - Penghujung Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Yayasan Peduli Jurnalis…