Setu Babakan

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Komisi B DPRD DKI, Syarifuddin dan Achmad Nawawi, mendukung rencana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang akan melengkapi sarana dan prasarana di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Menurut Syarifuddin, penambahan sarana dan prasarana tersebut penting dilakukan dalam upaya melestarikan budaya Betawi sekaligus menjadikan kawasan Setu Babakan menjadi destinasi wisata budaya di Ibukota.

“Penataan Setu Babakan sebagai destinasi wisata budaya harus serius dilakukan dari segala sektor, mulai dari ornamen dan kuliner Betawi semua harus ada,” ujarnya, Rabu (27/2).

Dengan alokasi anggaran Rp 26 miliar, lanjut Syarifuddin, Disparbud dapat melakukan pembenahan infrastruktur di kawasan Setu Babakan sebagai miniatur Budaya Betawi.

Hal senada diutarakan Achmad Nawawi. Selain menata kawasan Setu Babakan, Disparbud juga dapat berkolaborasi dengan SKPD terkait lainnya untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

“Masyarakat dapat diberdayakan untuk membuat suvenir khas Betawi yang nantinya dapat dijual kepada wisatawan yang berkunjung. Ini penting agar budaya Betawi tidak hilang, sekaligus bisa meningkatkan perekonomian warga,” tandasnya. (hop)