COVID-19

Kastara.ID, Depok – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono mengajak wartawan untuk turut melakukan tindakan preventif dalam upaya pencegahan Covid-19. Hal tersebut disampaikannya melalui diskusi publik yang diselenggarakan oleh Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok di Balai Rakyat Kelurahan Depok Jaya (26/2).

Sidik Mulyono menjelaskan, edukasi yang diberikan kepada wartawaan tentang ide dalam pencegahan Covid-19 yaitu dengan melakukan tindakan preventif. Wartawan diminta dapat mendukung dan menyampaikannya kepada masyarakat.

“Ide yang saya sampaikan dapat didukung. Kita kerja samanya pentahelix, di mana media yang menaungi wartawan terdapat di dalamnya,” jelasnya usai kegiatan tersebut seperti dimuat di situs resmi Pemkot Depok (26/2).

Selama ini pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah cenderung kuratif, yaitu penanganan terhadap pasien positif dengan menyediakan tempat isman maupun perawatan di rumah sakit.

“Harusnya isman itu dilakukan jauh sebelum positif Covid-19, yaitu pada saat kita mengetahui tubuh kita mengalami sindrom metabolik. Harusnya kita melakukan isman itu sebelum positif Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, sambungnya, sindrom metabolik antara lain hipertensi, asam urat tinggi, kolesterol tinggi, dan sebagainya. Kemudian dalam mengenali sindrom metabolik dibutuhkan kerja sama  Puskesmas maupun dinas terkait.

“Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan darah gratis,” terangnya.

Terakhir, Sidik berharap wartawan dapat memahami prinsip dari tindakan preventif tersebut. Semua itu dimaksudkan agar insan pers bisa menjadi pelopor dalam pencegahan Covid-19.

“Hingga saat ini wartawan di Depok belum ada yang terpapar Covid-19, ini merupakan kebanggan kita,” pungkasnya. (lan)