MotoGP

Kastara.ID, Jakarta – Sirkuit yang baru dibangun di Lombok Tengah, Pertamina Mandalika International Street Circuit sukses menggelar balapan final Superbike musim 2021 November lalu. Setelah itu, giliran dipakai oleh rombongan MotoGP untuk tes Pra-musim pada Februari lalu.

Hanya saja, kekuatan motor MotoGP membuat aspal Sirkuit Mandalika rusak dan terkelupas, terutama di sektor pertama. Hal ini terjadi karena kesalahan desain di beberapa bagian lintasan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dalam wawancara dengan Motorsport Italia.

“Ini menunjukkan bahwa kekuatan MotoGP juga mampu merusak aspal jika tidak dilakukan dengan benar. Jelas ada kesalahan dalam desain aspal di beberapa bagian sirkuit, tapi kami mencoba untuk mengatasi situasi tersebut, karena bagian itu akan diperbaiki kembali sebelum balapan pada 20 Maret,” ungkap Ezpeleta kepada Motorsport edisi Italia.

“Kami melakukan segalanya dengan kekuatan kami. Tentu saja, kami tahu bahwa membuat aspal baru beberapa minggu sebelum balapan bukanlah solusi terbaik di dunia, tapi kami juga mendiskusikannya dengan para pebalap dan memutuskan lebih baik melapisinya kembali daripada membalap dalam kondisi seperti itu. Kami berbicara dengan otoritas tertinggi di Indonesia, yang meyakinkan kami bahwa itu akan diprioritaskan sebagai masalah negara dan mereka akan melakukan segalanya dengan cara terbaik,” imbuhnya.

Balapan MotoGP Indonesia akan berlangsung pada 20 Maret mendatang. Dengan pengaspalan ulang ditargetkan nakal rampung sepekan sebelum perhelatan. (tra)