Damkar

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan HUT ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Peringatan hari jadi tersebut dijadikan momentum untuk meneruskan dedikasi dan perjuangan serta pengabdian aparatur negara dalam melindungi masyarakat yang ada di wilayah Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, dalam momen HUT ini, dirinya mengajak masyarakat untuk menyatukan persatuan bangsa. Terlebih, tugas Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas adalah melindungi pembangunan dan masyarakat Kota Depok.

“Tentunya dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan rakyat termasuk aktif dalam pembangunan nasional,” ujar Pradi Supriatna usai menjadi Inspektur Upacara di lapangan Balai Kota Depok, Rabu (27/3).

Selain itu, Pemkot Depok juga bertekad untuk meningkatan pelayanan terhadap bencana kebakaran dan perlindungan masyarakat, serta ketertiban umum.

Salah saatunya dengan melakukan penguatan kapasitas kelembagaan sub urusan kebakaran dan ketertiban umum, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur negara.

Terakhir, dengan melakukan penguatan kapasitas sarana dan prasarana penunjang dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari.

“Tidak lepas, kami juga akan mengalokasikan anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal berpedoman peraturan menteri dalam negeri yang terkait penyusunan RKPD dan APBD Kota Depok,” imbuhnya

Dalam upacara hari ulang tahun Damkar, anggotanya memperagakan cara memadamkan api oleh petugas pemadam kebakaran dengan cekatan, singkat dan tepat. Dengan semboyan pantang pulang sebelum api padam, walaupun nyawa taruhannya. (*)