Headline

Pandemi Covid-19 Berikan Guncangan Anggaran Negara

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengungkapkan pandemi Covid-19 telah memberikan guncangan kepada anggaran negara sehingga benar-benar harus dilakukan konsolidasi. Kepala daerah diminta melakukan prioritas dalam menggunakan anggaran.

“Penting sekali, dan ini sudah saya sering sampaikan yang namanya konsolidasi anggaran harus betul-betul kita lakukan. Apalagi di tengah anggaran kita yang goncang seperti sekarang karena pandemi COVID-19,” ucapnya dalam acara peresmian pembukaan Musyawarah Nasional V, APKASI di Istana Negara (26/3).

Oleh karena itu menurutnya penting melakukan konsolidasi anggaran di situasi saat ini. Jokowi berpesan agar para bupati juga melakukan hal yang sama terhadap APBD-nya.

“Konsolidasi anggaran artinya apa rencana APBD harus dilihat betul-betul. Yang biasanya nggak buka secara detail, sekarang buka secara detail. Cek secara detail, ke mana larinya, output-nya apa, outcome-nya apa. Semua harus dikalkulasi, semua harus dihitung,” terangnya.

Dia juga mengingatkan kepada para bupati agar tidak menebar anggaran ke seluruh dinas tanpa adanya skala prioritas. Menurutnya dengan memilih dinas yang prioritas untuk fokuskan anggaran jauh lebih bijak di situasi saat ini.

“Semua dinas diberi, semua semua semua, kita nggak punya skala prioritas. Nggak tahu prioritasnya yang mana. Untuk kabupaten menurut saya, dua saja cukup beri prioritas. Misalnya saya ingin semua pasar di kabupaten saya selesai dalam 5 tahun ke depan, ya sudah konsentrasikan anggaran itu ke sana,” tegasnya.

Negara saat ini juga membutuhkan anggaran hingga Rp 1.006,4 triliun untuk menutupi tekornya APBN 2021. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…