Partai Nasdem

Kastara.ID, Jakarta – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur melaporkan Davin Kirana, calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Nasdem, berhasil meraih suara terbanyak di wilayah kerja Malaysia. Davin berhasil meraup suara sebanyak 2.929, jauh di atas Ketua Partai Nasdem Malaysia Tengku Adnan yang hanya berhasil meraih 735 suara.

PPLN Kuala Lumpur juga melaporkan anak Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana itu juga mengungguli Wakil Ketua MPR dari Partai Keadilan Sosial (PKS) Hidayat Nur Wahid, yang meraih 2.386 suara. Sedangkan peringkat ketiga suara terbanyak di Malaysia diraih Hj Himmatul Aliyah, istri Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzanim, yang mendapat 2.233 suara.

Sedangkan politikus PDIP Eriko Sotarduga meraih suara sebanyak 1.770. Menyusul setelahnya calon anggota legiislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ahmad Iman dengan memperoleh 1.501 suara. Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany berhasil meraih 1.323. Sementara Melani Leimena, caleg dari Partai Demokrat meraih 598 suara.

Hasil ini tak urung menimbulkan sejumlah pertanyaan. Pasalnya Davin Kirana kerap disebut-sebut dalam kasus surat suara tercoblos di Malaysia. Nama Davin diketahui sudah tercoblos dalam surat suara yang ditemukan di Selangor, Malaysia. Padahal saat itu proses pencoblosan di Malaysia belum dilaksanakan.

Berbagai pihak meyakini, tercoblosnya nama Davin di surat suara tak lepas dari posisi bapaknya, Rusdi Kirana sebagai Dubes RI di Malaysia. Hingga saat ini kasus surat suara tercoblos di Malaysia ini masih dalam penyelidikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (rya)