Kilas Balik 2018(Antara)

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berkesempatan hadir dalam pameran foto dan peluncuruan buku Fotografi Kilas Balik 2018, di Galeri Foto Antara, Jakarta, Jumat (25/4) malam. 

Dalam pameran foto yang digelar Kantor Berita Antara itu, Menteri Rudiantara melihat beberapa foto aktivitas kampanye dari kedua pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2019. Menurutnya, pameran foto juga memberikan pesan damai.

“Kita lihat semua di sini kan (pameran foto selama pemilu 2019), yang paling menarik foto di balik kampanye kedua Capres,” kata Menteri Rudiantara di Jakarta, Jumat (26/4).

Menurut Menteri Rudiantara, pameran foto seperti yang dilakukan Antara, seharusnya juga menampilkan foto momen Jokowi dan Prabowo yang dipeluk oleh salah satu peserta Pencak Silat pada Asean Games 2018 lalu.

“Makanya tadi saya guyon, harusnya yang difoto sekarang yang merangkul kedua Capres itu yang pemenang pencak silat itu,” kata Menteri Rudiantara. 

Lanjut Menteri Rudiantara, momen foto yang menunjukkan persahabatan antara Joko Widodo dan Prabowo sangat penting. Apalagi dalam situasi saat ini yang begitu tegang menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU.

“Aktivitas-aktivitas dan pesan-pesan seperti itu yang harus kita tonjolkan terus. Persatuan, persatuan, persatuan. Yang gak terlalu tendensius menunggu perhitungan KPU,” ujar Menteri Rudiantara.

Menteri Kominfo juga mengajak insan pers dan media untuk juga menonjolkan suasana yang lebih damai. “Misalnya, dengan mengundang para komedian yang mendukung masing-masing Paslon untuk membuat suasana lebih cair,” pungkasnya.

Kilas Balik 2018 menampilkan sederet peristiwa yang terekam sepanjang tahun 2018, mulai dari gempa bumi di Lombok dan di Palu, tsunami Selat Sunda, kecelakaan pesawat Lion Air JT-610, perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018, hingga pesta demokrasi Pemilu 2019 yang diabadikan 78 pewarta foto baik dari Antara maupun dari fotografer ofisial Asian Games 2018 dan Asian Paragames yang dikoordinasi Antara. (rfr)