Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta pemudik kalau pulang kampung diimbau untuk tidak membawa calon penduduk baru di Kota Depok

Wali Kota Depok cuma mengimbau tapi tidak melarang warga Indonesia untuk masuk ke Kota Depok. Mengingat jumlah penduduk Kota Depok yang sudah mencapai 2,1 juta jiwa lebihnantinya bikin masalah baru di Kota Depok.

“Warga yang pulang kampung, jangan lagi membawa sanak saudaranya ke Depok. Apalagi tidak punya kepastian tempat tinggal dan tidak punya keahlian apa-apa,” ujarnya ketika ditemui di Laz Zakat di Jalan KH M Yusuf Raya, Depok, Senin (27/5).

Ditambahkan Idris, sanak saudara yang dibawa diharapkan tidak sampai menjadi penduduk liar di Kota Depok. Sebab tanpa punya keahlian, justru akan melahirkan permasalahan sosial baru di Kota Depok.

“Dengan bertambahnya penduduk berkaitan dengan ekonomi dan keamanan suatu wilayah. Itu yang harus dihindari,” katanya.

Kalaupun ada, kata Mohammad Idris, berbeda jika sanak saudaranya dapat hidup mandiri. Misalnya, dengan berinvestasi atau berdagang sehingga jelas masa depannya.

“Saya berpesan, pemudik untuk menjaga sikap ketika di perjalanan. Karena mudik kan ingin bertemu dengan keluarga, sehingga baik pergi dan kembali ke Depok dalam keadaan selamat,” imbuhnya(*)