Anies Baswedan

Kastara.ID, Jakarta – Pemain sepakbola dunia Mesut Ozil didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Coaching Clinic Atlet Sepakbola DKI Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, mantan punggawa Real Madrid ini memberikan motivasi kepada peserta coaching clinic yang didominasi anak-anak muda.

Ozil juga menceritakan dirinya seorang imigran yang lahir dan besar di Jerman. Kecintaannya terhadap sepakbola membuatnya bahagia dan dapat melalui masa-masa sulit.

“Apa yang membuat saya senang itu sepakbola. Dulu, saya sangat senang bermain bola dan mencintai sepakbola. Jadi saya sangat senang,” ujarnya di lokasi (26/5).

Ia juga berpesan kepada peserta coaching clinic agar tidak lupa berdoa, bekerja keras, percaya pada diri sendiri dan memberikan yang terbaik meskipun banyak tekanan dan mengalami masa sulit.

“Nasihat saya untuk kalian, jangan lupa untuk berdoa, percaya diri, kerja keras, hadapi, dan terus maju. Dan terpenting dalam bermain bola adalah enjoy,” serunya.

Ozil meyakinkan, apabila hal tersebut dilakukan impian akan dapat terwujud. Ke depan, generasi muda diharapkan bisa memberikan yang terbaik akan dunia sepakbola.

“Kerja keras dan saya percaya kepada kalian untuk Indonesia bisa maju,” ucap Ozil.

Di tempat yang sama, Anies menilai, bermain sepakbola harus rileks dan bukan dalam keadaan tertekan. Bermain sepakbola juga bukan semata-mata mengejar target, tapi menyenangkan dan menikmati permainan.

“Jangan takut kalau bikin kesalahan, pertandingan masih banyak. Targetnya senang dan nikmati. Dengan cara seperti itu justru prestasi akan terbuat,” ucapnya.

Ia mengaku senang atas kedatangan Ozil dan memberikan coaching clinic kepada anak-anak muda Indonesia, khususnya Jakarta. Pemain kelas dunia ini dianggap bukan hanya pribadi yang berhasil mengembangkan bakat, tapi bisa dijadikan teladan bagi anak-anak penggemar sepakbola.

“Selain taat dalam beribadah dan kerja keras, Mesut Ozil juga berani mengambil sikap terhadap isu-isu keadilan di dunia internasional,” ucapnya.

Anies juga menceritakan perbincangan dengan Ozil sebelumnya. Ozil merasa senang datang ke Jakarta. Selain karena baru pertama kali, pemain yang pernah membela klub Arsenal ini merasakan kehangatan dan sambutan yang sangat bersahabat dari warga Jakarta.

“Dan ini membuat dia tidak merasa seperti datang ke tempat yang asing. Dia juga cerita suka rendang, gado-gado dan sudah coba nasi goreng. Jadi yang dia suka nomor satu orangnya, nomor dua makanannya,” paparnya

Pada kesempatan itu, Anies juga memberikan sebuah buku yang berisi kumpulan foto-foto dari konten kreator tentang kondisi Jakarta pada masa pandemi selama tahun 2020-2021.

“Kemarin para konten kreator membuat foto-foto, saya berikan sebagai hadiah kepada Ozil. saya juga berikan rompi windbreaker bertuliskan Jakarta untuk dia,” tandasnya. (hop)