Kastara.id, Jakarta – Gelagat perombakan Kabinet Kerja (reshuffle) di bawah kendali Presiden Joko Widodo semakin mendekati kenyataan. Jika tak ada halangan, rencananya hari ini jajaran menteri baru tersebut akan dilantik di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Rabu (27/7).

Sebelumnya beredar sejumlah nama yang akan menempati kursi panas di Kabinet Kerja. Usai pelantikan nanti, presiden akan langsung menggelar sidang kabinet paripurna pada pukul 15.00 dengan agenda pengarahan presiden serta pembahasan Pagu Anggaran dan RAPBN tahun 2017.

Berikut adalah sejumlah kandidat kuat yang akan dilantik Presiden Jokowi hari ini pukul 14.00 siang nanti.

1. Eko Putro Sanjoyo
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini akan menggantikan posisi rekan di partainya, Marwan Jafar, yang dicopot dari jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.

2. Asman Abnur
Sosok ini menjadi representasi dari Partai Amanat Nasional (PAN). Asman akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Yuddy Chrisnandi.

3. Sri Mulyani Indrawati
Setelah berkiprah di dunia internasional dengan menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani kini telah kembali ke Indonesia. Sri Mulyani akan menerima mandat sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro.

4. Enggartiasto Lukita
Sosoknya dikenal sebagai pengusaha dan juga politisi Partai Nasdem. Mantan Ketua Real Estate Indonesia (REI) ini mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Trikasih Lembong yang akan diplot menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

5. Wiranto
Ketua Umum Partai Hanura ini diminta Jokowi untuk menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

6. Budi Karya Sumadi
Dirut Angkasa Pura II ini akan menempati pos di Kementerian Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan.

7. Archandra Tahar
Pos di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan dijabat alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menggantikan Sudirman Said yang tak lagi masuk kabinet. Pemilik firma di Amerika Serikat ini merupakan salah satu pengusul off shore blok Masela.

8. Airlangga Hartarto
Sosok yang dianggap mewakili Partai Golkar ini akan mendapat jabatan sebagai Menteri Perindustrian, menggantikan Saleh Husin.

9. Prof. Muhajir
Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang diberikan kepercayaan untuk menjabat Menteri Pendidikan Nasional menggantikan Anies Baswedan.
(raf)