Headline

MUI Minta Pemerintah Tidak Tergesa-gesa Bubarkan Ormas Anti Pancasila

Kastara.id, Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin meminta pemerintah tak lagi cepat-cepat mengambil langkah terlalu tegas dengan segera membubarkan organisasi kemasyarakatan yang dinilai anti-Pancasila.

Sebelumnya, tindakan seperti itu menimpa Hizbut Tahrir Indonesia. Ormas yang memiliki cita-cita mendirikan kekhalifahan atau pemerintahan berbasis syariat Islam itu segera dibubarkan menggunakan dasar hukum Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

Menurut Ma’ruf, hal yang selanjutnya menimbulkan banyak kegaduhan di masyarakat itu adalah hal yang seharusnya tidak perlu terjadi lagi. “Kalau (ormas) yang lain, saya pikir pemerintah harus hati-hatilah. Kalau HTI, sudah cukup, kita lihat lagi, ada tidak yang sekelas HTI itu? Kalau bisa dibina, saya kira tidak perlulah (ditindak) dengan cara pembubaran. Dibina saja. Kecuali HTI, HTI bubarkan. Yang lain itu, kalau bisa dibina, dibina. Kecuali tidak bisa dibina, ya itu harus dibubarkan,” ujar Maruf di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/7).

Ma’ruf menyampaikan, hal itu perlu dilakukan pemerintah karena langkah yang terlampau tegas dengan cara langsung melakukan pembubaran terbukti banyak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Sementara Ma’ruf menyampaikan, kegaduhan sendiri adalah cikal bakal terhadap gangguan keamanan yang tidak diharapkan terjadi. “Persuasif dulu. Menurut saya begitu. Supaya tidak gaduh, supaya suasananya bisa dikendalikan. Saya kira begitu,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia resmi mencabut status badan hukum dari organisasi masyarakat HTI. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Freddy Haris mengatakan, pencabutan status badan hukum HTI merujuk pada Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas. (npm)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…