Zulkifli Hasan

Kastara.id, Jakarta – Menyusul Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan yang kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Jumat (27/7) dini hari, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai kakaknya meminta maaf kepada masyarakat Lampung.

“Sebagai kakak, saya minta permohonan maaf kepada masyarakat terkait OTT Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan oleh KPK. Tentu saya prihatin,” demikian Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/7).

Zulkifli mengaku jika dirinya dan saudaranya sejak kecil sekeluarga dididik untuk berlaku jujur. Karena itu penangkapan adiknya oleh KPK tersebut sebagai ujian. “Semoga ini merupakan ujian dan menjadikan kita introspeksi,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Zulkifli, pihaknya sepenuhnya menyerahkan kasus itu kepada proses hukum. “Saya minta Zainuddin Hasan kooperatif kepada KPK. Saya percaya KPK professional,” kata Zulkifli singkat.

Dalam OTT tersebut, KPK menemukan uang Rp 700 juta yang diduga sebagai bukti transaksi suap. Uang tersebut merupakan suap kepada kepala daerah terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Tengah.

Selain bupati, ada 11 orang lainnya yang juga ditangkap petugas KPK. Mereka berasal dari unsur anggota DPRD, pihak swasta, dan beberapa orang yang diduga terkait dengan perkara korupsi.

Penangkapan berlangsung sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari. Saat ini, pihak-pihak yang ditangkap sedang dalam pemeriksaan oleh penyelidik KPK. (danu)