Pilkada Kota Medan

Kastara.ID, Jakarta – Koalisi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung Akhyar Nasution dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan, Sumatera Utara. Akhyar bakal bertarung melawan Bobby Nasution yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Sumatera Utara (Sumut) Hariyanto yakin Akhyar yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan bakal tampil sebagai pemenang.

PKS yakin Akhyar mampu mengalahkan Bobby yang juga menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat memberikan keterangan (26/7), Hariyanto menyebut Akhyar mempunyai banyak keunggulan. Salah satunya lantaran Akhyar sudah berpengalaman memimpin Kota Medan. Selain itu track recordĀ kader Partai Demokrat itu selama ini cukup baik. Hal ini tentu menjadi modal yang bagus bagi Akhyar untuk membawa Kota Medan menjadi lebih baik.

Meski demikian Hariyanto tidak akan memandang remeh Bobby Nasution. Suami Kahiyang Ayu itu diprediksi bakal memberikan perlawanan sengit. Hariyanto memperkirakan head to head dalam Pilkada Kota Medan bakal berlangsung sengit.

Sementara terkait calon Wakil Wali Kota Medan, Hariyanto mengebut Akhyar akan berpasangan dengan Salman Alfarisi. Politisi PKS itu kini menjabat Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara. Saat ini prosesnya menurut Hariyanto hanya tinggal menunggu finalisasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS.

Hariyanto yakin Akhyar dan Salman akan saling bahu-membahu membangun Kota Medan. Pasalnya keduanya mempunyai nama dan pengalaman di Medan. Akhyar berpengalaman di eksekutif dan birokrasi sedangkan Salman berpengalaman di legislatif.

Sejauh ini pasangan Akhyar-Salman mendapat dukungan PKS yang memiliki tujuh kursi dan Demokrat dengan empat kursi di DPRD Medan. Sedangkan Bobby didukung PDIP dan Gerindra masing-masing 10 kursi. Ditambah Golkar dan Nasdem masing-masing empat kursi. (ant)