Headline

Transportasi dan Kualitas Udara Jadi Prioritas Dishub

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memiliki empat prioritas dalam menangani permasalahan transportasi dan pengendalian kualitas udara di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, prioritas tersebut adalah pejalan kaki harus terfasilitasi dengan baik. Kedua, adalah kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda atau motor listrik.

“Ketiga optimalisasi penataan angkutan umum dan keempat adalah pembatasan kendaraan pribadi,” ujarnya, Selasa (25/8).

Syafrin menjelaskan, sesuai Intruksi Gubernur Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, diperlukan langkah terintegrasi secara menyeluruh.

“Mulai tahun ini semua penataan jalur pedestrian di Jakarta akan mengarah pada jaringan angkutan umum yang ada. Untuk itu, seluruh fasilitas bagi pejalan kaki yang terintegrasi dengan angkutan umum perlu disiapkan,” terangnya.

Ia menambahkan, kapasitas atau daya angkut maksimal layanan Transjakarta sekitar 1,8 juta orang per harinya. Namun, sekarang baru sekitar 800 ribu orang per hari. Artinya, masih sangat banyak pengguna angkutan umum yang bisa diakomodir.

“Sekarang tinggal sosialisasi kepada masyarakat bahwa angkutan umum yang ada semua sudah terintegrasi. Secara fisik trotoar kita kembangkan ke shelter angkutan umum,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…