Twin-Otter

Kastara.ID, Jakarta – Tim Vertical Rescue Indonesia (VRI) berhasil menemukan “black box” atau kotak hitam dari pesawat Twin Otter DHC6-400 PK-CDC yang jatuh di pegunungan Distrik Hoya, Mimika, Papua, Jumat (27/9). “Black box” ini ditemukan tepatnya di bagian ekor belakang pesawat.

Menurut Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Yohanis Kapiyau Timika Letkol (Pnb) Sugeng Sugiarto, tim VRI yang berjumlah dua orang didatangkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil menemukan kotak tersebut setelah kurang lebih 2,5 jam pencarian. Saat ini “black box” sudah diserahkan ke KNKT untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta guna ditindaklanjuti.

Deden Wahyudin, salah satu anggota VRI menjelaskan, cuaca yang dingin serta tebing yang curam menjadi kendala dalam pencarian kotak ini. Terlebih lagi bagian ekor pesawat menggantung di pinggir tebing semakin menyulitkan pencarian.

Seperti yang diberitakan, pesawat ini hilang kontak pada Rabu (18/9) sekitar pukul 11.00 WIT dengan mengangkut 1.600 kg beras milik Perum Bulog. (rya)