Beranda Headline Berita Menlu Retno: Tanggung Jawab IORA Pastikan Wilayah Tetap Stabil dan Damai

Menlu Retno: Tanggung Jawab IORA Pastikan Wilayah Tetap Stabil dan Damai

Kastara.id, Nusa Dua – “Melalui IORA, kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan wilayah kita tetap stabil dan damai,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada pembukaan The 16th Council of Ministers Meeting IORA di Nusa Dua, Bali (27/10). Indonesia merupakan Ketua IORA untuk periode 2015–2017 dan telah mengadopsi tema “Strengthening Maritime Cooperation in a Peaceful and Stable Indian Ocean”.

Menlu RI menyampaikan bahwa Samudera Hindia saat ini menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi global dan IORA menjadi organisasi strategis di kawasan. IORA memiliki mekanisme untuk mencapai isu-isu yang menjadi perhatian bagi negara-negara anggotanya, di antaranya pemanfaatan sumber daya alam di Samudera Hindia.

Hal tersebut akan dicapai melalui dibentuknya IORA Concord sebagai visi dan tujuan jangka panjang yang akan menjadi dokumen keluaran dari keketuaan Indonesia. Tidak hanya itu, IORA Concord juga bertujuan untuk memperkuat arsitektur kawasan dan meningkatkan kapasitas kolektif dalam meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan.

“Hari ini kita akan membahas progres konsep IORA Concord yang telah disusun pada Pertemuan Pejabat Tinggi dan saya berharap dokumen IORA Concord ini dapat kita bawa pada Pertemuan Tingkat Tinggi pada Maret 2017 mendatang,” kata Menlu RI.

Pertemuan juga akan membahas dokumen akhir Pertemuan Tingkat Menteri IORA yaitu Bali Communique dan deklarasi mengenaiGender Equality and Empowerment. Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Pejabat Tinggi dan Pertemuan Tingkat Menteri Indian Ocean Rim Association (IORA) di Nusa Dua, Bali, tanggal 22 – 27 Oktober 2016. Selain kedua pertemuan tersebut, pada minggu yang sama diadakan juga Pertemuan ke-3 Ad hoc Committee Meeting on the IORA Concord dan Pertemuan ke-16 Working Group on Trade and Investment.

Selain Pertemuan Tingkat Menteri, IORA juga menyelenggarakan sejumlah pertemuan lainnya, termasuk Ad hoc Committee Meeting on the IORA Concord (AhCM), Working Group on Trade and Investment (WGTI) serta Indian Ocean Rim Academic Group (IORAG), dan Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF) di Jakarta.

IORA merupakan organisasi regional utama di Samudera Hindia, yang terdiri dari sejumlah negara anggota dari tiga benua dan beberapa mitra wicara. Tujuan utamanya adalah untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi, mempromosikan kerja sama ekonomi yang berkelanjutan, dan capacity building demi pembangunan dan kesejahteraan anggotanya. (raf)

 

- Advertisement -

TERBARU

Preview Miss Americana Tentang Film Dokumenter Taylor Swift

Kastara.ID, Jakarta - Netflix telah merilis trailer resmi untuk film dokumenter Taylor Swift, Miss Americana, yang menampilkan pandangan mendalam ke dalam kehidupan profil tinggi artis...