Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, setiap manusia membutuhkan visi hidup yang jelas. Menurutnya, sedikitnya ada empat visi hidup yang dibutuhkan setiap individu.

“Pertama, visi ketuhanan sebagai landasan manusia untuk patuh kepada ajaran-ajaran yang diberikan oleh Allah SWT,” kata Imam saat Tasmi’ Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Haraki, Pancoran Mas, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Sabtu (27/11).

Dijelaskan Imam, visi ketuhanan ini dilakukan dengan cara terus meningkatkan keimanan yang dimiliki, serta menjalankan perintah dan menjauhi larangannya.

Kedua, visi kebangsaan, sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus mengetahui Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dikatakan Imam, visi kebangsaan harus ditanam kepada anak-anak sejak dini agar tidak tercipta paham fundamentalis.

Visi yang ketiga, sambungnya, adalah kemanusiaan. Dalam visi ini diajarkan untuk saling membantu yang membutuhkan, bisa orang terdekat seperti tetangga di lingkungan tempat tinggal.

“Yang terakhir adalah visi Rahmatan Lil Alamin, sekolah ini diharapkan bisa memberikan rahmat bagi warga dan alam, mengurangi global warming dengan menanam banyak pohon,” tutupnya. (dha)