Kadiv Humas Polri

Kastara.ID, Jakarta – Polri akan menggelar Operasi Lilin Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Dalam operasi ini, 217 ribu personil di seluruh Indonesia akan dilibatkan.

“Kami akan melibatkan seluruh personil di Indonesia, sekitar 217 ribu untuk seluruh wilayah di Indonesia,” kata Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Irjen Pol Dedi Prasetyo (26/11).

Dedi melanjutkan, personil TNI, Satpol PP hingga stakeholder lainnya juga akan turut serta dalam operasi tersebut.

“TNI juga mempersiapkan personelnya, satpol PP, dan jajaran kesehatan juga mempersiapkan, dan stakeholder terkait lainnya,” terangnya.

Adapun gelaran Operasi Lilin Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) ini rencananya akan dimulai pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus aktif Covid-19.

Selain menerjunkan ratusan ribu personil, Polri juga akan mendirikan sejumlah posko PPKM Level 3 di tiap perbatasan daerah serta tiap gerbang tol untuk proses pengecekan Surat Keluar Masuk (SKM).

“Kemudian Polri juga akan berjaga di seluruh pintu tol, dan jalur yang menjadi akses tertentu perbatasan antar wilayah. Itu akan ada pos sebagai check point, disana nanti juga akan dicek apakah masyarakat yang bepergian memiliki SKM atau tidak,” jelas Dedi.

Jika masyarakat atau pengendara tidak memiliki SKM, maka akan langsung dimintai tes antigen di posko PPKM. Apabila hasilnya menunjukkan positif Covid-19, maka akan langsung dievakuasi. (ant)