Germas

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan penggerakan massa untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada acara Talkshow bertajuk ‘Jakarta Sehat, Jakarta Bangkit’ di Neo Soho Mall Jalan Letjen S. Parman, Grogol, Jakarta Barat (26/11).

Kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 ini dibuka Kabag Kesehatan Biro Kesejahteraan Sosial Setda Pemprov DKI, Marianah, dan dihadiri 35 orang secara tatap muka serta 1.000 peserta yang ikut secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Dikatakan Marianah, peringatan HKN yang mengusung tema ‘Jakarta Sehat Jakarta Bangkit’ ini mencerminkan besarnya semangat seluruh lintas sektor dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi pandemi COVID-19 di DKI Jakarta.

“Peringatan HKN ini menjadi cermin kebersamaan dalam upaya memerangi COVID-19,” tuturnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani menjelaskan, talkshow yang disertai dengan penggerakan massa untuk Germas di pusat perbelanjaan modern ini, bertujuan memberikan edukasi kepada warga Jakarta untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat.

“Meski angka kesembuhan sudah bisa ditingkatkan dan angka kematian akibat Corona bisa ditekan, namun sangat penting kita melakukan upaya pencegahan,” katanya.

Menurut Fify, upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 dapat dilakukan dengan 6M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama, termasuk juga penguatan 3T (tracing, testing, dan treatment), serta vaksinasi sebagai penguat.

“Sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Karena ini menjadi salah satu kunci untuk menekan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19,” ungkap Fify.

Untuk diketahui, kegiatan penggerakan massa untuk Germas ini dimulai pada 7 hingga 24 November 2021. Diawali dengan kompetisi gerak 10.000 langkah. Kemudian senam peregangan “Si Doel Anak Betawi’, lomba flashmob dan konfigurasi HKN, serta melukis bersama, yang diikuti perwakilan dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Banteng, pada 19 November.

Lalu ada pula kegiatan webinar kesehatan bertema ‘Bergerak untuk Sehat, Cegah Diabetes’ pada 24 November. Selanjutnya lomba reels dan giveaway di instagram tentang adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan paa 17 sampai 25 November.

Diungkapkan Fify, dalam kegiatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta berkolaborasi dengan semua OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan pihak swasta, antara lain Neo Soho Mall, Indonet, InBody, Jakarta Experience Board, Mufit Indonesia, Alodokter, Organisasi Profesi Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI).

“Diharapkan dari kegiatan peringatan HKN ke-57, Dinas Kesehatan dapat kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan diri sendiri, keluarga dan kesehatan masyarakat serta mampu berperan aktif di lingkungannya,” tandasnya. (hop)