Patih Gajah Mada

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Habib Luthfi bin Yahya menilai saat ini rasa nasionalisme kebangsaan telah merosot. Seharusnya setiap individu wajib merasa memiliki bangsa ini.

Hal ini disampaikannya dalam Silaturahmi Nasional Lintas Agama dengan tema Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Kebhinekaan secara virtual, Ahad (27/12).

“Sekarang ini nasionalisme merasa mau diakui atau tidak rasa memiliki handarbeni (merasa ikut memiliki – red) kepada republik ini harus dibentangi oleh kekuatan agama,” ujar Habib Luthfi

Ia pun memaknai perjuangan para pendahulu membangun bangsa ini. Salah satunya Patih Gajah Mada yang bisa meyatukan Nusantara hingga Madagaskar dan Indocina.

Begitupun dengan perjuangan para sunan Walisongo dalam mempersatukan umat. Menurut Habib Luthfi, mereka berjuang tanpa kenal lelah. Mereka juga mengajarkan sikap saling menghormati.

“Republik ini apa sekonyong-konyong merah putih ada. Hebatnya mereka semua mempersatukan umat, itu harus kita tiru,” tegasnya. (ant)