Hujan

Kastara.ID, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan status siaga banjir akibat intensitas hujan di sejumlah daerah di Indonesia pada 28-29 Januari 2021.

“Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, potensi dampak dengan status siaga adalah DKI Jakarta,” ujar Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/1).

Selain Jakarta, BMKG juga mengingatkan status siaga banjir di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat dan angin kencang akan melanda 28 provinsi di Indonesia.

Wilayah tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrim seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” tandas Guswanto. (hop)