Urban Farming

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengajak anak muda menjadi petani milenial dengan konsep pertanian perkotaan atau urban farming. Urban farming tidak memerlukan lahan yang luas, cukup memanfaatkan lahan yang tersedia.

“Jadi, pertanian perkotaan yang ingin kita galaklan karena tidak musti punya lahan yang besar, tetapi bisa manfaatkan dengan lahan-lahan yang ada, supaya kita juga bisa bertani di perkotaan,” ujarnya saat melakukan wawancara eksklusif dengan TV Tani (26/1).

Imam mengatakan, dalam mendukung para anak muda menjadi petani, Pemerintah Kota (Pemkot Depok) siap memberikan beberapa fasilitas. Di antaranya edukasi melalui media sosial hingga mendatangkan penyuluh yang sudah ahli di bidangnya.

“Juga melalukan sosialisasi melalui program-program seminar, acara-acara temu kelompok tani dan memberikan beberapa pelatihan terhadap masyarakat yang ingin melakukan urban farming,” jelasnya.

Imam juga menyakini, jika prospek dunia pertanian khususnya urban farming ke depannya sangat menjanjikan bagi anak muda. Sebab, dengan lahan yang minim serta penerapan teknologi mumpuni mampu menghasilkan produk pertanian secara maksimal.

“Bahkan bukan sekadar bertani tapi nanti dilanjutkan dengan start up di bidang pertanian. Bisa jadi membuat anak-anak muda lebih bergairah terhadap bidang pertanian,” tandasnya. (dha)